Minggu, 16 Mei 2010

WARGA CANGKRING PANEN LELE DAN BAWAL


Pekalongan- Sebagai upaya peningkatan perekonomian bagi warga miskin di Dukuh Cangkring Kelurahan Panjang Baru Kecamatan Pekalongan Utara, pihak perusahaan Pismateks Pekalongan memberikan kucuran dana bantuan hibah sebesar 75 juta .

Dana tersebut dimanfaatkan oleh warga dukuh Cangkring Kelurahan Panjang Baru dalam budidaya jenis ikan lele,ikan bawal dan ikan patin dengan menggunakan lahan tidur milik warga setempat.

Koordinator usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera(UPPKS) Kelurahan Panjang Baru, Turah mengatakan bahwa usaha dibidang perikanan darat ini dilakukan dalam rangka menambah pendapatan daripada masyarakat yang kurang mampu , sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bagi keluarga kurang mampu.

”Dengan memanfaatkan lahan yang tidak produktif alias lahan tidur warga disekitar Dukuh Cangkring ini mencoba untuk membudidayakan ikan lele, ikan bawal dan ikan patin yang hasilnya dapat dipanen setiap 2 sampai 4 bulan sekali”terang Turah

Menurutnya penggunaan lahan tidur pada masing-masing petak tanah yang ada dengan menggunakan alat yang sederhana, karena bak kolam dibuat dari plastik terpal seluas ukuran 4x5 meter.

”Untuk pembuatan tempat atau bak yaitu dengan menggali tanah sedalam 1 meter dengan ukuran bak sekitar 4x5 meter. Setelah itu galian tanah ditutup dengan menggunakan plastik terpal ” jelas Turah .

Sementara Direktur Pismateks Pekalongan, Ir Anis Sungkar dalam kesempatan itu mengatakan bahwa pihaknya memberikan dana bantuan hibah ini karena kepeduliannya dalam rangka ikut mengentaskan kemiskinan yang ada di Kota Pekalongan.

”Kami berharap agar bantuan hibah ini dapat berkembang dan dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar sini yang pada giliranya akan dapat mensejahterakan keluarga dan masyarakat sekitar dukuh Cangkring”ucapnya.

Ditempat yang sama Camat Pekalongan Utara, Drs Tjuk Kusdiharto merasa bangga dengan apa yang diupayakan sekelompok warga dalam usaha menambah pendapatan keluarga bahkan akan dapat mensejahterakan masyarakat sekitar.

”Kami merasa bangga dengan apa yang dilakukan oleh warga Dukuh Cangkring yaitu dengan mengadakan budidaya ikan lele, ikan bawal dan ikan patin. Sehingga dapat menambah pendapatan keluarga yang secara otomatis akan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejehteraan keluarga”ungkapnya.(SW-01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar